Tips Memulai Bisnis Sewa Mobil

Bisnis Sewa Mobil

Bisnis Sewa Mobil. Menjalankan bisnis sewa mobil belakangan ini banyak di lirik para pelaku usaha. Baik dari kalangan menengah maupun yang baru coba coba berbisnis. Semakin banyaknya yang membutuhkan jasa penyewaan mobil baik perorangan maupun perusahaan, membuat usaha bisnis sewa mobil ini menjadi alternatif untuk berwirausaha.

Sepintas memang menjalankan bisnis usaha sewa mobil memberi harapan untuk mengais rejeki dan sebagai celah baru yang bisa memberi keuntungan, terutama di daerah daerah yang mempunyai tempat wisata. Karena biasanya layanan sewa mobil yang berada di daerah wisata banyak dimanfaatkan oleh para pelancong yang ingin berwisata.

Memulai Bisnis Sewa Mobil

Layanan sewa mobil biasanya dimanfaatkan oleh perorangan yang membutuhkan mobil hanya insidentil saja dan kebutuhan transportasi perusahaan. Seringkali perusahaan lebih memilih menggunakan jasa penyewaan mobil karena lebih praktis dan juga bisa memilih mobil sesuai keinginan dan kebutuhan.

Walaupun demikian, banyak orang yang takut memulai bisnis sewa mobil hanya karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Memang jika berkeinginan membuat usaha penyewaan mobil dengan mobil sendiri membutuhkan dana yang sangat besar sebagai modal awalnya, mengingat harga mobil yang tidak murah.

Tapi hal itu bisa di atasi dengan mengajak kenalan atau teman yang memiliki mobil dan berminat untuk bekerjasama. Saat memulai bisnis sewa mobil dengan menggunakan mobil / kendaraan joinan dengan teman tersebut bisa menggunakan sistem bagi hasil. Jika cara memasarkan jasa penyewaan mobil itu tepat sasaran dan dapat memuaskan pelanggan, maka bisnis usaha sewa mobil pastinya akan semakin maju dan akan meningkatkan keuntungan.

Tips Memulai Usaha Bisnis Sewa Mobil

Tips memulai usaha bisnis sewa mobil adalah harus pandai mengatur keuangan dengan mengumpulkan penghasilan yang di dapatkan, sehingga perlahan-lahan akan bisa mempunyai kendaraan sendiri yang nantinya bisa memulai menjalankan bisnis sewa mobil dengan kendaraan sendiri.

Saat sudah mampu membeli mobil sendiri untuk memulai bisnis usaha sewa mobil walaupun mungkin baru mampu membeli satu kendaraan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum menentukan mobil yang akan di beli. Cari informasi mobil jenis apa yang paling sering diminati oleh para penyewa mobil, mengingat di setiap kota tentunya berbeda kebutuhan orang dalam memilih mobil rental.

Selain itu perhatikan juga biaya operasional mobil tersebut. Cari mobil yang tidak boros bahan bakar dalam penggunaannya dan juga mobil yang biaya perawatannya murah. Tapi tentu saja keamanan dari mobil tersebut tetap harus di perhatikan, mengingat dalam menjalankan bisnis sewa mobil harus memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Jangan nekat kredit kendaraan untuk usaha bisnis sewa mobil

Semakin banyak dealer yang menawarkan kemudahan kredit mobil memang menggiurkan. Rasanya ingin nekat saja mengajukan kredit untuk segera menjalani bisnis rental mobil. Bila salah perhitungan bisnis anda terancam gagal, DP mobilpun melayang dan mobil anda ditarik oleh perusaahaan leasing mobil gara-gara tidak bisa mencicil kredit mobil anda. Jangan nekat kredit mobil untuk rental sebelum anda punya banyak pelanggan, ini alasannya. Ada cara yang lebih aman dalam memulai bisnis ini. Dengan modal kepercayaan dan mampu jadi pemasar plus mau menabung hasil usaha anda, keinginan buka bisnis ini jadi lebih mudah. Cobalah baca baik-baik tips ini:
  • Perbanyak kenalan dengan teman yang sudah menjalani bisnis rental mobil. Sambil jalan buatlah mereka para pemilik usaha rental mobil percaya terhadap anda. Dan selanjutnya ajak mereka bekerjasama, Anda yang memasarkan atau jadi broker bagi yang mencari penyewa mobil dan anda bisa sharing profit dari hasil keuntungannya.
  • Bikin kartu nama, jangan lupa harus ada tertulis nama usaha rental mobil anda sendiri tentunya. Jadi seolah-olah memang usaha tersebut milik anda. Sebarkan sebanyak-banyaknya pada pelanggan-pelanggan baru anda.
  • Nggak ada salahnya setiap ada kesempatan jadi pengemudi bagi yang membutuhkan, tentunya menawarkan diri jadi sopir saat penyewa membutuhkan sopir, bila pelayanan anda bagus di kemudian hari penyewa tersebut pasti menhubungi anda setipa kali butuh mobil rental, otomatis pelanggan anda bertambah walaupun anda belum punya mobil untuk disewa.
  • Setelah anda punya banyak pelanggan yang selalu menghubungi anda setiap kali mau sewa mobil dan bila dihitung-hitung hasil sewanya bisa mencukupi untuk membayar cicilan mobil setiap bulannya, langkah selanjutnya tabungan anda bisa anda pakai untuk membeli mobil (membayar DP mobil).
  • Perlu diperhatikan untuk lebih amannya lagi coba di evaluasi berapa besar pemasukan yang anda dapatkan dalam beberapa bulan sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara kredit.
Bila cara diatas anda lakukan dengan rajin. anda punya banyak keuntungan. Anda jadi ngga ragu-ragu memutuskan untuk beli mobil hanya dengan modal DPnya saja, karena cicilan mobil udah jelas bisa dibayar dari sekian banyak pelanggan setia anda. Anda punya banyak relasi rekanan bisnis sewa mobil yang tentunya mempermudah bisnis anda di kemudian hari, manakala banyak pelanggan yang menhubungi anda dan butuh mobil, anda tinggal kontak temen yang biasa di ajak rent to rent, sambil jalan menyiapkan DP untuk mobil baru berikutnya.

Demikianlah sedikit berbagi cara & tips memulai bisnis usaha sewa mobil dari kami, semoga ulasan di atas berguna bagi anda yang ingin mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis sewa mobil di kota anda, tapi ada satu hal yang mesti di ingat bahwa dlam menjalankan bisnis ini sebaiknya anda harus selektif memilih penyewa.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Memulai Bisnis Sewa Mobil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.